Anda memasuki pendalaman pemahaman "Keris" dan Tosan Aji untuk ikut melestarikan salah satu budaya yang spesifik di dunia ini. Berawal dari Jawa, kita menapaki kearifan lokal se Nusantara.

Kini "Keris" telah menjadi warisan dunia, oleh sebab nilai intangible yang menyertainya, antara lain: Aspek Kesejarahan, Aspek Fungsi Sosial, Aspek Tradisi, Aspek Filosofi dan Simbolisme, Aspek Mistik, Aspek Seni dan Aspek Teknologi.

Sudah saatnya sebagai ilmu budaya untuk memulai "Krisologi" yang akan terus berkembang dan perlu disajikan untuk khalayak umum sedunia. Marilah kita apresiasi kearifan lokal bangsa, sebagai warisan budaya yang tak mengalami kepunahannya.

Salam Budaya,
Toni Junus
[Admin JavaKeris.com]
Advisory IT: Jimmy H.E.W

BAGI PECINTA/PELESTARI BUDAYA KERIS & TOSAN AJI

JavaKeris.com terbuka bagi siapapun yang memiliki minat untuk melestarikan budaya Keris & Tosan Aji. Jadi bagi anda yang ingin berpartisipasi atau ingin berbagi pemikiran, kajian, opini, peristiwa, atau mungkin sekedar ingin berbagi foto koleksi dengan rekan pengunjung yang lain, silahkan kirim naskah atau filenya via email ke toni.junus@yahoo.com
12 Nov 2011 10:56:54 am
Dibalik KERIS ada menteri Mari Elka Pangestu

Setting Pameran yang apik digarap cuma dalam 10 hari

Mungkin kita tak menyadari hiruk-pikuk perkerisan yang merayap itu telah menggulung rupiah. Perputarannya pun dipastikan cukup mencengangkan.
Keris baik itu yang antik-sepuh maupun keris baru yang disebut Keris Kamardikan telah mengalami pergeseran nilai ekonomi yang dahsyat setelah diaduk-aduk oleh komunitas Panji Nusantara (begitu kata kong Haryono Haryoguritno).

Beliau sendiri adalah tokoh yang mengangkat keris ke UNESCO, yang merancang proposal dan memang beliaulah ahli yang punya komitmen tinggi yang hingga saat ini belum ada penggantinya.

Pada ”Pameran Keris Bugis dan Serumpun” yang dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Mari Elka Pangestu menjelaskan dengan bahasa yang komunikatif bahwa keris adalah ekonomi kreatif. Baik itu perdagangan antiqnya maupun produksi baru, mereka akan saling menunjang antara empu keris, pembuat sarung keris, juga seni tatahan pada pendok keris. Mari Elka Pangestu memiliki cermatan yang cerdas tentang bagaimana segala yang dapat menjadi sebuah kesenangan, termasuk yang menyangkut kandungan nilai budaya tentu akan melahirkan nilai ekonomi, jika diangkat ke ranah publikasi. Keris harus dikemas secara kreatif. Ini yang rupanya akan mulai digarap dengan baik sambil ”demi pelestarian” keris.


Gerbang yang mengejutkan...


Peluncuran buku "Senjata Pusaka Bugis"

Bentara Budaya Jakarta telah mencatatkan kembali sebuah event yang dikemas apik oleh Komunitas Panji Nusantara (sebagai pelaksana), yang didalam acara itu ada moment penting peluncuran buku ”Senjata Pusaka Bugis”.

Dalam pameran ini kita tidak lagi dihadapkan pada sebuah pameran yang bertema politis, pesan-pesan rancu yang tidak komprehensif, tetapi pameran ini menampilkan sebuah pemandangan dari kemasan modern pada budaya kuno yang sangat selaras dengan apa yang harus dilakukan Pemerintah yaitu mengangkat ”kearifan lokal” serta membanggai ’keris’ sebagai ”ikon” yang hebat milik kita bangsa Indonesia.

Pada hari berikutnya yaitu Sabtu dan Minggu (11-12 Nopember 2011) diadakan seminar yang juga berbobot diantaranya bedah buku.

Sangat disayangkan jika para penggemar keris dan juga penggemar budaya pada umumnya tidak menghadirinya.

Salam Budaya.

(TJ).
Category : Album | Posted By : administrator
Jul 2014 August 2014 Sep 2014
S M T W T F S
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31       
Categories
Album[47]
Budaya[8]
Campursari[7]
Estetika Keris[5]
Filosofi[4]
Kajian[13]
Kerisologi[6]
Mistik[1]
Recent
GOTONG ROYONG JOKOWI
RUH si RONGGENG MENYELINAP ke dalam DWISULA PADMA...
KERIS DALAM REFLEKSI
KERIS di MUSEUM WAYANG
Silaturahmi dan pemutaran Film TAFSIR KERIS
KERIS di MONUMEN NASIONAL
KAJIAN KERIS DALAM RESUME...
JALAK SANGU TUMPENG, RESONANSI dan PATRAPNYA
LAWEYAN dan KERIS
Keris Sebagai Benda Investasi
KELUARNYA KERIS NAGASASRA-KIDANGMAS, ISYARAT UNTUK NEGARAWAN
Kris an Interpretation
MERIAHNYA HARI ULANG TAHUN SNKI VII
UNDANGAN HUT SEKRETARIAT NASIONAL KERIS INDONESIA
‘RUU Santet’ dan RUU Konyol
Archives
January 2013[3]
July 2011[2]
April 2011[7]
August 2010[9]
June 2010[10]
May 2010[11]
March 2010[10]
February 2010[9]
December 2009[6]
November 2009[12]
October 2009[5]
September 2009[7]
User List
administrator[91]
Syndication
Copyright © JavaKeris.com - All Rights Reserved
Managed by Toni Junus, Ph:085866213057
 free web counter Counter Powered by  RedCounter